Selasa, 07 Desember 2010

Protista yang Menyerupai Tumbuhan (Algae)

Secara definisi, Algae adalah organisme autotrof yang tidak mempunyai organ. Ini berarti bahwa Algae menyerap makanannnya sendiri. Algae sendiri memiliki kemiripan dengan tumbuhan tetapi diklasifikasikan sebagai protista. Terdapat Alga yang mempunyai sel multiseluler dan uniseluler. Algae ada yang makroskopik (dapat dilihat dgn mata telanjang) dan mikroskopik (tak dapat dilihat dgn mata telanjang).

Chlorophyta
Spesies Chlorophyta sangatlah beragam, jumlahnya mencapai 7000 spesies. Alga hijau dinamakan berdasarkan pigmentasinya. Terdapat beberapa Alga hijau yang memiliki sel tunggal, tetapi terdapat juga alga hijau yang multiseluler. Beberapa spesies alga hijau berpindah-pindah tempat tetapi beberapa menetap. Algae hijau berkembangbiak dapat secara seksual dan aseksual. Alga hijau memiliki 4 bentuk:
  1. Bersel tunggal
  2. Koloni
  3. Berkas
  4. Lembaran/Tumbuhan Tinggi.

Volvox sp. contoh bentuk ganggang berkoloni.
Euglena viridis. contoh ganggang uniseluler.
Spirogyra ganggang berbentuk berkas
Ulva lactuca. jenis ganggang lembaran

Rhodophyta
Jenis ganggang ini mempunyai pigmen yang membuatnya berwarna merah. Biasanya berbentuk lembaran, panjang rhodophyta berkisar antara 10cm sampai 1m. Kebanyakan ganggang merah tinggal di laut dan di air tawar yang banyak oksigennya. Kebanyakan rhodophyta berkembangbiak secara vegetatif, tetapi ada juga yang secara generatif. Rhodophyta banyak dipakai untuk berbagai keperluan manusia. Salah satu contohnya Chondrus crispus fungsinya adalah sebagai makanan. Gracilaria lichenoides dipakai untuk membuat bahan sejenis gelatin untuk agar-agar.

Laurencia sp. contoh Rhodophyta.
Dinophyta/Dinoflagellata
Nama ini diambil dari bahasa Yunani, δῖνος dinos yang berarti berputar dan bahasa Latin yaitu flagellata yang berarti cambuk atau momok. Kebanyakan dinophyta berada di laut tapi tidak jarang ditemukan dinophyta di air tawar. Saat terjadi ledakan populasi Dinophyta (algal bloom), dapat terjadi pasang merah, dimana air laut berwarna kemerahan. Pasang merah menyebabkan banyak ikan mati karena sistem saraf mereka terkena racun brevetoxins yang disebarkan oleh Karenia brevis. salah satu spesies dinoflagellata.

Gonyaulax contoh Dinoflagellata
Chrysophyta
Ganggang jenis ini adalah ganggang yang uniseluler dan multiseluler. Ada yang berkoloni dan ada yang soliter. Mereka tinggal di air tawar tetapi sebagian berada di laut dan tidak memiliki alat gerak. Ganggang ini disebut juga sebagai ganggang keemasan. Contoh dari gnaggang ini adalah sebagai berikut.

Navicula
Phaeophyta/Ganggang Coklat
Ganggang coklat adalah makhluk multiseluler yang memiliki dinding sel. Hampir semua spesies dari phaeophyta tinggal di laut. Mereka bereproduksi dengan cara aseksual dan seksual. Secara aseksual dengan Fragmentasi dan secara seksual dengan isogami dan anisogami. Contoh ganggang coklat adalah sebagai berikut.

Isogami: penyatuan 2 jenis gamet yang berbeda dengan bentuk dan ukuran yang sama.
Oogami: penyatuan 2 jenis gamet yang berbeda bentuk dan ukurannya.
Anisogami: penyatuan 2 gamet berbeda dengan bentuk yang sama tetapi ukuran yg berbeda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar